Senin – Minggu :

07:00 – 16:00

Jl. Raya Cikaret Ruko LMC No.69

Pabuaran, Cibinong, Bogor

Edit Content

Salsabilla Skin Care

Didirikan untuk memberikan pengalaman estetika premium dengan hasil yang maksimal dan natural sesuai ekspetasi pasien, dengan tetap mempertahankan standar pelayanan dan prosedur keamanan terbaik.

Contact Info:

Bekas Jerawat Hilang Berapa Lama

Bekas jerawat biasanya terjadi ketika ada jaringan kulit yang hilang saat jerawat pecah. Semestinya bila kadar kolagen di dalam kulit masih baik, kulit yang hilang tersebut akan naik sehingga jaringan parutnya akan membaik. Dengan kata lain, produksi kolagen yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat yang menyebabkan tampilan bekas jerawat. Lantas, berapa waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat?

Bekas Jerawat Hilang Berapa Lama

Apa Itu Bekas Jerawat?

Bekas jerawat adalah noda yang ditinggalkan setelah jerawat sembuh, umumnya terjadi ketika jerawat meradang dan merusak kulit. Bekas dapat muncul dalam berbagai bentuk dan warna, seringnya berwarna merah atau kehitaman. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan tekstur dan lekukan yang bersifat permanen di kulit. Berbeda dengan jaringan parut, noda hitam atau merah akibat jerawat yang parah bisa diobati dengan perawatan alami, produk skincare, ataupun perawatan dokter kulit.

Berapa Lama Bekas Jerawat Hilang?

Apakah jerawat bisa hilang sendiri? Apapun jenis bekas jerawat yang kamu miliki, sebagian besar perawatan memerlukan waktu untuk mencapai hasil yang kamu inginkan. Namun, bekas jerawat pada akhirnya akan membaik. Perubahan warna dan bekas luka bopeng dapat kamu perbaiki seiring waktu dengan teknik perawatan kulit yang tepat. Meski begitu, bekas luka jerawat mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut, karena bopeng secara teknis bersifat permanen. Noda bekas jerawat membutuhkan waktu sekitar beberapa bulan untuk hilang dengan sendirinya.

Namun kamu bisa mempercepat prosesnya dengan produk penghilang bekas jerawat ataupun teknik perawatan tertentu. Ada berbagai produk perawatan wajah untuk membantu mendorong pertumbuhan kulit yang sehat dan mengurangi perubahan warna.Seperti asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, dan shea butter. Bahan-bahan tersebut bisa kamu dapatkan di toko kesehatan. Namun jika kamu memiliki bekas jerawat berupa bopeng, mungkin perlu prosedur atau teknik tertentu yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Prosedur yang sering dokter rekomendasikan biasanya berupa perawatan laser, pengelupasan kimia, microneedling, subcision, dan bahkan bedah kosmetik. Hal yang perlu kamu pahami, setiap bekas luka berbeda, sehingga sulit untuk mengidentifikasi jangka waktu yang tepat berapa lama bekas jerawat hilang. Umumnya, semakin luas dan bertekstur bekas luka, semakin lama juga kamu harus merawatnya. Efek dari jerawat yang serius mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk hilang sepenuhnya. Jadi, penting untuk bersabar dan konsisten dengan pilihan perawatan.

Tanda Bekas Jerawat

Bekas jerawat bisa muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan tanda lainnya.

  • Perubahan warna kulit. Bekas jerawat bisa muncul sebagai bercak-bercak gelap di kulit yang menghitam. Noda jerawat hipopigmentasi akan menyebabkan area kulit yang lebih terang atau kemerahan dibandingkan dengan kulit sekitarnya.
  • Bercak atau noda. Noda jerawat juga sering kali terlihat seperti bercak, noda, atau lesi kecil pada kulit.
  • Kedalaman berbeda. Bekas jerawat dapat memiliki tingkat kedalaman yang berbeda. Beberapa mungkin hanya mempengaruhi lapisan kulit atas, ada juga yang lebih dalam.
  • Tekstur kulit tidak rata. Noda jerawat sering kali membuat kulit terasa kasar atau tidak rata sehingga bisa mengubah tekstur permukaan kulit.
  • Rasa gatal atau sakit. Beberapa noda jerawat dapat menyebabkan rasa gatal atau nyeri tertentu, terutama ketika masih meradang.

Faktor Risiko Bekas Jerawat

Selain itu, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menjadi faktor penyebab bekas jerawat sebagai berikut.

  • Memencet jerawat dapat memicu peradangan dan membuat noda jerawat bertahan lebih lama.
  • Menghentikan pengobatan jerawat terlalu cepat.
  • Terlalu sering cuci muka dapat mengakibatkan kulit kering dan meradang, sehingga obat jerawat tidak efektif.
  • Tidak menggunakan tabir surya berisiko menimbulkan hiperpigmentasi kulit.

Perawatan Rumahan Bekas Jerawat

Noda jerawat, baik yang berwarna hitam dan merah, dapat diatasi dengan berbagai pengobatan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat di rumah.

  • Rutin pakai pelembap. Penggunaan pelembap dapat membantu melindungi kulit serta membuat terhidrasi dengan baik.
  • Gunakan serum. Serum penghilang jerawat adalah produk perawatan kulit yang berguna untuk mengatasi beberapa masalah kulit, salah satunya memudarkan noda jerawat hitam.
  • Gunakan krim tabir surya. Paparan sinar matahari dapat membuat noda jerawat menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, selalu gunakan krim tabir surya sebelum bepergian keluar rumah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klinik Salsabilla Skincare

Klinik kecantikan yang menggabungkan elemen seni, teknologi dan keterampilan dari para dokter yang selalu berorientasi memberikan hasil yang terbaik untuk pasien.

Kunjungi Online Store Kami

Salsabilla Skin Care

Segala permasalahan kulitmu bisa diatasi dengan teknologi terkini dan ditangani langsung oleh Skin Expert. Temukan treatment sesuai kebutuhanmu di sini!

Jam Operasional

Senin – Minggu : 07:00 – 16:00

Jadwal Dokter

  • dr. Debby Sherly Amanda: Senin & Selasa (09.00-16.00)
  • dr. Silvana Fransisca: Rabu, Jumat & Sabtu (09.00-16.00)
  • dr. Noor Shabrina: Kamis & Minggu (09.00-16.00)