Senin – Minggu :

07:00 – 16:00

Jl. Raya Cikaret Ruko LMC No.69

Pabuaran, Cibinong, Bogor

Edit Content

Salsabilla Skin Care

Didirikan untuk memberikan pengalaman estetika premium dengan hasil yang maksimal dan natural sesuai ekspetasi pasien, dengan tetap mempertahankan standar pelayanan dan prosedur keamanan terbaik.

Contact Info:

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Ciri kulit yang sehat adalah terasa lembap, cerah, dan bercahaya walaupun tanpa pulasan makeup. Jika wajah Anda terlihat kusam dan tidak bercahaya, mungkin sudah saatnya memperbarui skincare routine. Wajah kusam bisa terjadi karena banyak faktor yang menghilangkan cahaya alami kulit dan membuat kulit tampak lebih tua. Untuk mengetahui cara mengatasi wajah kusam dan mengembalikan cahaya alaminya, berikut penjelasan mengenai penyebab dan langkah-langkah perawatan yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Mengenal Penyebab Wajah Kusam

Kekusaman merupakan salah satu masalah kulit wajah yang paling umum. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang kehilangan cahaya alaminya sehingga memberikan kesan tua dan tidak sehat. Selain itu, warna dan tekstur kulit wajah juga tampak tidak merata, kulit cenderung menggelap, serta muncul noda hitam, garis halus, dan kerutan. Mengenal penyebabnya akan mempermudah Anda menemukan cara mengatasi wajah kusam.

Apa saja faktor yang menyebabkan kulit wajah menjadi kusam? Kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor usia, perawatan kulit yang salah, polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. Faktor-faktor ini membuat regenerasi sel-sel kulit melambat sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati. Akibatnya, kulit pun tampak kusam, kering, dan tanda-tanda penuaan kulit terlihat jelas.

Selain karena melambatnya regenerasi sel-sel kulit, dehidrasi juga dapat membuat kulit muka kusam dan berminyak. Kulit wajah menjadi dehidrasi saat kekurangan cairan atau kehilangan banyak cairan. Penyebabnya karena kurang asupan air atau karena skin barrier yang rusak sehingga kandungan air di kulit mudah menguap lewat pori-pori (dikenal dengan istilah trans-epidermal water loss). Dehidrasi juga membuat kulit memproduksi minyak berlebih untuk mencegah air menguap, karena itu kulit wajah jadi sangat berminyak.

Mencerahkan Kulit yang Kusam

Kulit kusam umumnya ditandai dengan kulit yang tampak kurang memancarkan cahaya atau tak bersemarak. Berbeda dengan kulit cerah yang seakan-akan dapat memantulkan cahaya secara merata, kulit kusam memiliki warna atau tekstur yang tidak merata sehingga pantulan cahaya pun kurang merata.

Untuk mencerahkan kulit kusam, kita harus mengetahui dulu apa penyebabnya. Kulit kusam utamanya terjadi karena menumpuknya sel kulit mati pada permukaan kulit. Jutaan sel kulit mati setiap hari dan bisa bertumpuk satu sama lain seperti partikel debu.

Lapisan kulit mati ini mencegah kulit memantulkan cahaya dan dapat membuat wajah terlihat lebih pucat. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan pembaruan permukaan kulit menurun, menyebabkan peningkatan penumpukan sel kulit mati.

Penyebab lainnya termasuk:

  • Radikal bebas: kotoran dan sulfur dioksida di udara menimbulkan radikal bebas pada kulit, merusak kolagen, dan menstimulasi produksi pigmen yang membuat kulit terlihat layu.
  • Stres: saat stres, aliran darah ke wajah teralihkan ke bagian tubuh lain, misalnya otot, sehingga wajah terlihat kusam.
  • Kurang tidur: kulit berkesempatan memulihkan diri saat kita tidur. Bila kurang tidur, kulit menjadi lebih kusam dan tampak lelah.
  • Dehidrasi: kurang minum air putih membuat kulit kehilangan kelembapan sehingga tak lagi cerah.
  • Tak membersihkan dandanan: jika lupa membersihkan dandanan sebelum tidur, kulit tak bisa memulihkan diri dan justru terjadi iritasi serta penuaan dini.
  • Gaya hidup tidak sehat: merokok, kurang berolahraga, dan pola makan tidak sehat bisa menurunkan tingkat kecerahan kulit.
  • Paparan sinar matahari: sinar matahari mengandung zat yang bisa merusak kulit jika paparan terlalu lama dan tanpa pelindung tabir surya.

Kulit Wajah Kusam Akibat Pertambahan Usia

Kulit wajah yang tampak kusam bisa dialami oleh pemilik jenis kulit apapun, karena penyebab utamanya adalah penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Tumpukan ini menghambat terbentuk sel-sel kulit baru yang segar di permukaan kulit dan membuat kulit wajah terlihat kusam, kering, dan terasa kasar. Secara alami, sel-sel kulit mati ini akan gugur dengan sendirinya, namun Anda bisa membantu prosesnya berjalan lancar dengan perawatan kulit yang tepat.

Saat usia terus bertambah dan kulit ikut menua secara alami, kulit wajah jadi lebih mudah terlihat kusam. Pada usia 40-an, proses pergantian sel- sel kulit mulai melambat, ditambah lagi kulit mudah menjadi kering dan dehidrasi, sehingga kulit cenderung kehilangan kelembapan dan rona sehatnya. Ini yang membuat kulit jadi terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Perhatikan Juga Hal-Hal Ini

  • Suhu air. Hindari mandi dan membasuh wajah menggunakan air panas, karena dapat mengikis kelembapan alami kulit sehingga kulit wajah menjadi kering dan iritasi.
  • AC di dalam ruangan. Udara di dalam ruangan yang ber-AC cenderung sangat kering dan menarik kelembapan dari kulit. Gunakan airhumidifier memberi suplai air ke udara sehingga kulit wajah Anda terjaga kelembapannya.
  • Gaya hidup. Merokok dapat memicu kulit menua lebih awal, begitu juga dengan kurang tidur. Kulit wajah pun mudah terlihat kusam dan lelah. Untuk mengatasi kulit kusam, ubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Penggunaan Skin Care

Skin care bisa membantu kita merawat kesehatan kulit dan mencerahkan kulit kusam. Namun jangan sembarangan menggunakan produk perawatan kulit. Ada sejumlah hal yang perlu diketahui sebelum memakai skin care:

Ketahui Jenis Kulit

Jenis kulit tiap orang berbeda-beda. Ada yang kering, berminyak, dan kombinasi kering-berminyak. Ada juga yang sensitif terhadap zat-zat tertentu. Karena itu, sebelum menggunakan skin care, ketahui dulu jenis kulit kita dan cocokkan dengan peruntukan produk itu. Jika bingung menentukan jenis kulit, bisa berkonsultasi dulu dengan dokter kulit atau dermatolog.

Sesuaikan Dengan Waktu

Produk skin care umumnya terbagi menjadi produk pagi dan malam. Artinya, produk yang dipakai pada pagi hari semestinya tidak digunakan saat malam. Begitu pula sebaliknya. Sebab, kandungan dalam produk itu difokuskan pada tujuannya. Produk pagi untuk pencegahan dan perlindungan selama seharian, sedangkan produk malam untuk pembersihan dan pemulihan.

Cuaca Juga Berpengaruh

Skin care juga disesuaikan dengan cuaca saat itu. Saat musim hujan, perbanyak pelembap untuk mencegah kulit kering. Sedangkan ketika musim kemarau, kulit biasanya lebih berminyak sehingga butuh lebih banyak pembersih minyak.

Cocokkan Dengan Usia

Skin care mujarab mencerahkan kulit kusam bila pas dengan usia pemakainya. Pada usia 20-30-an tahun, kulit umumnya lebih kuat dan risiko penuaan masih kecil. Karena itu, fokus produk perawatan semestinya untuk pencegahan dan perlindungan. Sedangkan bagi yang telah berusia 40-an tahun ke atas sebaiknya lebih berfokus pada penguatan kulit.

Tips Mandi untuk Mencerahkan Kulit

Mandi adalah langkah dasar untuk mencerahkan kulit kusam. Dengan mandi, kita bisa membersihkan sekujur tubuh dan menyingkirkan sel kulit mati. Agar lebih efektif untuk membuat kulit lebih cerah, praktikkan tips mandi di bawah ini:

  • Gunakan air yang tak terlalu panas dan tak terlalu dingin alias suam-suam kuku. Dengan begitu, tubuh tidak kehilangan kelembapan.
  • Gunakan pelembap kulit setelah mandi karena tubuh kehilangan sebagian kelembapan saat mandi. Pakai pelembap kulit yang sekaligus dapat mencegah peradangan bila ada jerawat atau luka pada kulit.
  • Oleskan minyak alami karena tubuh juga kehilangan sebagian minyak ketika mandi. Misalnya minyak alpukat yang bisa mengatasi kulit kering dan punya kandungan antioksidan untuk membuat kulit lebih cerah.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan sabun karena kulit bisa menjadi terlalu kering. Gunakan sabun secukupnya dan sesuaikan dengan karakteristik kulit.
  • Lakukan eksfoliasi dengan produk skin care sebelum atau saat mandi untuk melenyapkan sel kulit mati pada wajah dan tubuh.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klinik Salsabilla Skincare

Klinik kecantikan yang menggabungkan elemen seni, teknologi dan keterampilan dari para dokter yang selalu berorientasi memberikan hasil yang terbaik untuk pasien.

Kunjungi Online Store Kami

Salsabilla Skin Care

Segala permasalahan kulitmu bisa diatasi dengan teknologi terkini dan ditangani langsung oleh Skin Expert. Temukan treatment sesuai kebutuhanmu di sini!

Jam Operasional

Senin – Minggu : 07:00 – 16:00

Jadwal Dokter

  • dr. Debby Sherly Amanda: Senin & Selasa (09.00-16.00)
  • dr. Silvana Fransisca: Rabu, Jumat & Sabtu (09.00-16.00)
  • dr. Noor Shabrina: Kamis & Minggu (09.00-16.00)