Senin – Minggu :

07:00 – 16:00

Jl. Raya Cikaret Ruko LMC No.69

Pabuaran, Cibinong, Bogor

Edit Content

Salsabilla Skin Care

Didirikan untuk memberikan pengalaman estetika premium dengan hasil yang maksimal dan natural sesuai ekspetasi pasien, dengan tetap mempertahankan standar pelayanan dan prosedur keamanan terbaik.

Contact Info:

Ciri Ciri Wajah Sensitif

Ciri-ciri kulit sensitif perlu untuk dikenali, karena perawatan kulit yang sensitif berbeda dengan jenis kulit lainnya. Ditambah lagi, kulit sensitif lebih rentan mengalami iritasi, sehingga pemilihan produk perawatan kulit harus dilakukan dengan lebih teliti. Kulit sensitif merupakan istilah untuk kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi saat sinar matahari, polusi, udara terlalu panas atau dingin, bahkan kandungan kimia dalam produk perawatan kulit.

Ciri Ciri Wajah Sensitif

Ciri-Ciri Kulit Sensitif

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kulit sensitif yang perlu kamu ketahui:

  • Kulit Reaktif

Jika kamu memiliki kulit sensitif, maka kamu akan melihat ciri-ciri kulit sensitif yang pertama adalah kondisi kulit yang reaktif. Kamu mungkin memperhatikan bahwa sabun, deterjen, wewangian, parfum, produk perawatan kulit, dan produk rumah tangga dapat menyebabkan kulit mengalami perubahan atau bereaksi. Namun reaksi juga bisa berbeda-beda tiap orang, seperti gatal, kering, atau memerah. Selain itu, paparan dingin, matahari, dan angin juga bisa memperparah kondisinya.

  • Melihat Tanda Kemerahan

Ciri-ciri kulit sensitif lainnya adalah munculnya gejala kemerahan. Ini bisa berupa ruam merah, benjolan merah, atau sebagainya. Biasanya, kemerahan akan hilang setelah menghilangkan iritasi atau dengan perawatan ringan.

  • Kulit Kering

Kulit kering dan kulit sensitif bisa berjalan beriringan. Ini dapat menyebabkan jerawat dan kulit pecah-pecah. Kamu mungkin akan memiliki lebih banyak masalah dengan kulit kering dalam cuaca dingin, kering, dan saat terkena angin. Menggunakan pelembap lembut dan melindungi kulit dengan baik dapat membantu melawannya.

  • Sering Mengalami Ruam

Ciri-ciri kulit sensitif lainnya adalah kulit sering mengalami reaksi berupa ruam merah, kering, bersisik, atau bergelombang saat terkena pemicu. Ini terutama berlaku untuk produk yang tertinggal di kulit, seperti krim wajah. Kamu mungkin mengalami ruam dengan sangat cepat setelah kontak. Ruam bisa membuat tidak nyaman, tidak enak dilihat, dan membandel. Namun, jika kamu alergi terhadap sesuatu, kondisi bisa lebih serius, daripada kondisi kulit sensitif semata.

  • Rentan Berjerawat

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu mungkin mengalami jerawat yang terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula. Kamu mungkin juga menyadari bahwa sabun atau krim jerawat untuk mengobati jerawat hanya memperburuk gejala. Dokter kulit dapat membantu menentukan produk apa yang tepat untuk kulitmu dan membersihkan kulit tanpa menyebabkan iritasi tambahan.

  • Kulit Mudah Terbakar Sinar Matahari

Ciri-ciri kulit sensitif lainnya adalah kulit jadi lebih rentan terhadap efek berbahaya dari sinar matahari. Jika kulit sudah teriritasi atau mengelupas, kamu akan jauh berisiko. Kamu harus selalu memakai tabir surya ketika berada di luar, terutama di area wajah. Ini karena beberapa bahan dalam tabir surya dapat menyebabkan reaksi alergi. Carilah bahan-bahan yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Kamu juga perlu memilih tabir surya yang berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

Ciri-Ciri Kulit Sensitif Dan Tips Mengatasinya

Ciri-ciri kulit sensitif bukan sekadar mudah teriritasi atau muncul ruam merah saja. Berikut ini beberapa ciri yang perlu diketahui:

  • Kulit mudah bereaksi terhadap produk berbahan kimia, seperti sabun, deterjen, atau wewangian.
  • Gatal-gatal saat udara terlalu dingin atau kering.
  • Kulit sangat kering dan mudah mengelupas.
  • Mudah berjerawat.
  • Sensitif terhadap sinar matahari.

Jika kamu mengalami ciri-ciri seperti itu, berikut ini beberapa tips mengatasi yang bisa dicoba:

Pakai Pelembap

Pelembap dan losion hypoallergenic dapat mengurangi kekeringan tanpa mengiritasi kulit sensitif. Beberapa jenis minyak seperti shea butter atau minyak kelapa mungkin efektif bagi beberapa orang.

Coba Oatmeal Koloid

Oatmeal koloid bisa sangat membantu untuk orang dengan kulit sensitif. Sebab, ini bisa meningkatkan perlindungan pada kulit, sekaligus meredakan gejalanya.

Pakai Tabir Surya

Tabir surya spektrum luas dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 30 atau lebih tinggi dapat membantu melindungi kulit sensitif dari sinar ultraviolet (UV).

Tips Lainnya

Orang yang memiliki kulit sensitif juga dapat meminimalkan gejala dengan cara:

  • Hindari mandi lebih dari 10 menit.
  • Hindari menggunakan air panas untuk mandi dan mencuci tangan.
  • Jangan gunakan produk wewangian yang tajam, deterjen, atau bahan kimia lainnya.
  • Gunakan produk sabun, deterjen, dan deodoran yang bebas pewangi dan hipoalergenik.
  • Saat mengeringkan kulit, hindari menggosok terlalu keras.

Saat hendak memakai produk baru, lakukan uji coba pada area kecil kulit sebelum menerapkannya ke area yang lebih luas.

Mengandung Bahan Yang Bisa Melindungi Kulit Sensitif

Gunakan produk perawatan kulit yang bersifat melindungi atau menjaga kesehatan kulit sensitif. Contohnya adalah produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide, panthenol, dan gliserin.

Niacinamide diketahui dapat menghidrasi kulit sekaligus melindungi kulit dari peradangan berkat sifat antiradang di dalamnya. Begitu pun halnya dengan panthenol, yang juga bersifat antiradang sehingga bisa mencegah dan mengatasi iritasi kulit.

Sementara itu, gliserin baik untuk kulit sensitif karena dapat menjaga kelembapan kulit dan memperkuat skin barrier.

Selain menggunakan produk perawatan untuk kulit sensitif, Anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah masalah pada kulit yang sensitif:

  • Tidak mandi terlalu lama, cukup 10–15 menit, dan tidak menggunakan air panas
  • Menghindari paparan asap rokok dan polusi udara, sebab keduanya bisa memicu atau memperburuk iritasi pada kulit sensitif
  • Menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Mengonsumsi makanan sehat untuk kulit
  • Minum air putih minimal 2 liter setiap hari

Dengan mengenali ciri-ciri kulit sensitif dan perawatannya, pemilik kulit sensitif bisa lebih teliti dalam memilih produk perawatan kulit agar terhindar dari iritasi. Namun, jika keluhan iritasi kulit masih sering muncul, apalagi sampai berlarut-larut atau bertambah parah, periksakanlah diri ke dokter.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klinik Salsabilla Skincare

Klinik kecantikan yang menggabungkan elemen seni, teknologi dan keterampilan dari para dokter yang selalu berorientasi memberikan hasil yang terbaik untuk pasien.

Kunjungi Online Store Kami

Salsabilla Skin Care

Segala permasalahan kulitmu bisa diatasi dengan teknologi terkini dan ditangani langsung oleh Skin Expert. Temukan treatment sesuai kebutuhanmu di sini!

Jam Operasional

Senin – Minggu : 07:00 – 16:00

Jadwal Dokter

  • dr. Debby Sherly Amanda: Senin & Selasa (09.00-16.00)
  • dr. Silvana Fransisca: Rabu, Jumat & Sabtu (09.00-16.00)
  • dr. Noor Shabrina: Kamis & Minggu (09.00-16.00)