Senin – Minggu :

07:00 – 16:00

Jl. Raya Cikaret Ruko LMC No.69

Pabuaran, Cibinong, Bogor

Edit Content

Salsabilla Skin Care

Didirikan untuk memberikan pengalaman estetika premium dengan hasil yang maksimal dan natural sesuai ekspetasi pasien, dengan tetap mempertahankan standar pelayanan dan prosedur keamanan terbaik.

Contact Info:

Flek Hitam Wajah

Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik kecil di kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Flek hitam umumnya muncul di wajah. Namun, flek hitam juga bisa timbul di bagian tubuh lain, seperti kulit lengan, punggung tangan, bahu, dada, atau leher.

Flek Hitam Wajah

Mengenal Flek Hitam

Flek hitam adalah bercak yang tampak seperti noda berwarna lebih gelap pada kulit dibanding area sekitarnya. Selain berwarna hitam, kadang flek ini berwarna cokelat gelap. Flek hitam sering muncul pada wajah, tapi tak jarang didapati di area kulit lain, seperti tangan, kaki, dan punggung. Bercak gelap ini bisa muncul kapan pun, tapi paling sering dijumpai pada orang berusia separuh baya.

Penyebab flek hitam di wajah pada umumnya berhubungan dengan paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Karena itu, bercak hitam itu acap didapati pada bagian tubuh yang biasa terpapar sinar matahari. Ada pula kemungkinan flek hitam terkait dengan masalah pada kulit atau merupakan efek samping obat-obatan tertentu.

Flek hitam juga sering disebut sebagai hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi ketika sel melanosit memproduksi melanin terlalu banyak di kulit. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, serta rambut. Makin banyak paparan sinar matahari, makin banyak produksi melanin yang bertujuan melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Pigmen yang berwarna gelap akan membuat kulit terhindar dari risiko lebih lanjut dari paparan sinar matahari.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Makin banyak kandungan melanin pada kulit, maka makin gelap pula kulit seseorang.

Flek hitam muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet sehingga produksi melanin meningkat. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin atau mengalami penumpukan melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Flek hitam dapat dialami oleh semua orang. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, yaitu:

  • Sering terpapar sinar matahari atau terpapar dalam waktu yang lama
  • Memiliki kulit putih atau cerah
  • Memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi serupa (faktor genetik)

Faktor Risiko Flek Hitam

Setiap individu berisiko mendapatkan flek hitam. Kendati demikian, kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berkulit terang, rambut terang, usia paruh baya, atau sering terpapar sinar matahari maupun sinar ultraviolet.

Gejala Flek Hitam

Flek hitam memiliki karakteristik khas, baik dari segi warna, bentuk, lokasi, maupun pemicunya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Warna

Flek hitam umumnya tidak berwarna hitam, tetapi kemerahan atau kecokelatan dan lebih gelap dibanding area kulit sekitarnya.

  • Bentuk

Flek hitam tampak seperti bercak atau titik-titik kecil berukuran sekitar 1 mm dan tidak menonjol, yang menyebar di permukaan kulit.

  • Lokasi

Flek hitam biasa muncul di wajah dan umumnya menyebar dari tulang hidung ke pipi. Flek hitam juga biasa muncul di leher, dada, dan lengan.

  • Pemicu

Flek hitam biasa muncul setelah terpapar sinar matahari, seperti pada musim panas, dan akan menghilang bila tidak terpapar sinar matahari.

Flek hitam umumnya pertama kali muncul pada masa kanak-kanak dan menghilang seiring pertambahan usia. Flek ini pun umumnya tidak menimbulkan rasa sakit dan umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Penyebab flek hitam di wajah berpengaruh terhadap cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi bercak tersebut. Namun pada umumnya flek hitam pada wajah tak memerlukan perawatan. Meski begitu, tak sedikit yang ingin menghilangkan bercak ini demi alasan estetika wajah.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

  • Perawatan laser

Terdapat beberapa macam laser yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam di wajah. Laser ini ditujukan ke melanin untuk memecah bercak gelap yang muncul.

  • Mikrodermabrasi

Prosedur ini menggunakan alat khusus untuk menghilangkan lapisan luar kulit sehingga terjadi pertumbuhan kolagen baru yang menggantikan kulit yang mengandung flek hitam.

  • Pengelupasan kimia

Metode ini mirip mikrodermabrasi, tapi menggunakan bahan kimia untuk mengelupas permukaan kulit.

  • Krioterapi

Penggunaan nitrogen cair terhadap flek hitam untuk membuatnya menjadi beku dan membuat sel kulit mati terlepas sehingga terbentuk sel kulit baru.

  • Krim pencerah kulit

Krim ini berfungsi menyamarkan flek hitam dan membuat kulit lebih cerah secara bertahap. Sebaiknya gunakan krim pencerah kulit dengan resep dokter yang lebih aman.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klinik Salsabilla Skincare

Klinik kecantikan yang menggabungkan elemen seni, teknologi dan keterampilan dari para dokter yang selalu berorientasi memberikan hasil yang terbaik untuk pasien.

Kunjungi Online Store Kami

Salsabilla Skin Care

Segala permasalahan kulitmu bisa diatasi dengan teknologi terkini dan ditangani langsung oleh Skin Expert. Temukan treatment sesuai kebutuhanmu di sini!

Jam Operasional

Senin – Minggu : 07:00 – 16:00

Jadwal Dokter

  • dr. Debby Sherly Amanda: Senin & Selasa (09.00-16.00)
  • dr. Silvana Fransisca: Rabu, Jumat & Sabtu (09.00-16.00)
  • dr. Noor Shabrina: Kamis & Minggu (09.00-16.00)